EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE FEEDBACK TOOL FOR OPERATIONS (FTO) DALAM PENILAIAN KINERJA UNTUK PENINGKATAN KARIR KARYAWAN DI PT HM SAMPOERNA PASURUAN JAWA TIMUR

  • Heni Erlina Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Mochamad Mochklas
  • Siti Maroah
Keywords: Feedback Tool for Operations (FTO), Kinerja, Peningkatan Karier

Abstract

The objective of this research is simultaneously to know the employee performance, career improvement, and as the effectiveness of its measured application using the seven dimensions of work.The data collection method is done by qualitative method that is observation technique, interview, and documentation. Based on the results of research and interviews can be seen that the performance of employees in PT HM Sampoerna is considered enough with what is expected by the company. In its application FTO method is always socialized to all related employees such as careerimprovement in HM Sampoerna, the training that has been provided by the management. Assessing employee performance using FTO method is considered to be quite effective and objective, because it is able to assess the final result of the employee performance with the seven components.

References

Amir, M. F. 2015. Memahami Evaluasi Kinerja Karyawan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Burlian, M. 2005. Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Balai Karantina Ikan Polonia Di Medan. Tesis, Fakultas Ekonomi Manajemen, Universitas Sumatra Utara, Medan.
Dewi, I.A.P.K & I.G Riana 2015. Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Pengembangan Karir Pada PT Bali Biasa Indah. Koleksi Kuta-Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 7, 2015: 1918-1933.
Fatihudin, D. 2015. Metode Penelitian. Sidoarjo: Zifatama Publishing.
Ghony, M. D. 2012. Metedologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hasibuan, M. S. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
International, M. P. 2010. Feedback Tools For Operations. Bekasi.
Kadarisman, M. 2013. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kedua. Jakarta: Rajawali Pers
Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nandy, I. I & Mac, D. W. 2015. Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Dan Lama Bekerja Karyawan Terhadap Pengembangan Karir Pada PT. Pengadaian Kanwil V Manado. Jurnal Emba, Vol. 3 No.1 Maret 2015, Hal. 984-993.
Nawawi, I. 2015. Manajemen Komplikasi Teori dan Aplikasi dalam Organisasi Publik. Sidoarjo: Dwiputra Pustaka Jaya.
Rani, I. H & Mega, M 2015. Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Polibatam, Vol 3 No 2 .
Retnawan, W. A, Paulus, K & Jantje, L.S. 2016. Analisa Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Pendekatan Balance Scorecard (Studi Kasus Pada PT United Traktor, TBK). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 16, No. 03 Tahun 2016.
Rivai, V. 2008. Performance Appriasal. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Samsudin, S. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.
Sule, E. T. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.
Usman, H. 2010. Manajemen Teori, praktik, dan Riset Pendidikan, Edisi Ketiga. Jakarta: Ikrar Mandiriabadi.
Wibisono, D. 2011. Manajemen Kinerja Korporasi dan Organisasi. Erlangga.
Widya, R. 2004. Penilaian Kinerja Dengan Menggunakan Konsep 360 Derajat Feedback. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 4, No. 1, April 2004: 86-95.
Published
2017-12-30
How to Cite
Erlina, H., Mochklas, M., & Maroah, S. (2017). EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE FEEDBACK TOOL FOR OPERATIONS (FTO) DALAM PENILAIAN KINERJA UNTUK PENINGKATAN KARIR KARYAWAN DI PT HM SAMPOERNA PASURUAN JAWA TIMUR. JURNAL EKSEKUTIF, 14(2), 262-276. Retrieved from http://jurnal.ibmt.ac.id/index.php/jeksekutif/article/view/147
Section
Articles