PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN 8P TERHADAP PENINGKATAN OMSET PENJUALAN PADA WARUNG MARSO MALANG

  • Asep Dana Saputra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kertanegara Malang ( STIEKMA)
  • Rahman Nurmala Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kertanegara Malang ( STIEKMA)
  • Andhika Prayoga Cakrawala Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kertanegara Malang ( STIEKMA)
Keywords: Marketing Strategy 8P, Satisfaction of Service, Sales Turnover

Abstract

This research is meant to find out the influence of marketing strategy 8P to incrase sales turnover of Warung Marso Malang. The population is the customers who have ever visited and purchased the products which have been offered by Warung Marso Malang. The data collection technique has been done by issuing questionnaires to 96 respondents who have selected as Lemeshow’s samples. The analysis technique has been done by using validity test, reliability test, classic assumption test and multiple linear regressions test. The result of the research shows that marketing strategy 8P have significant influence to incrase sales turnover of Warung Marso Malang.

References

Akbar, Purnomo Setiady dan Husaini Usman. 2018. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
Aldina, Asri. 2008. Analisis Peramalan Penjualan Matrix Blackberry PT Indosat, Tbk Dalam Rangka perencanaan Strategi Pemasaran. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian, Bogor.
Alma, B. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Erlangga. Bandung.
American Marketing Association, 2003. Marketing of Banking Product. City Land Press, USA.
Antonio, Demoscow, 2009. Marketing Mix In Theory and Application. America: Prentice Hall, New Jersey University Pres.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Manajemen Penelitian. Cetakan Ketujuh. Jakarta : Rineka Cipta.
Ariyanti, Devita Widya. 2014. Pengaruh Kualitas pelayanan, Harga, dan Promosi terhadap Volume Penjualan pada pelanggan Pizza Hut di Solo. Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Muhammadiyah, Surakarta.
Assauri, Sofyan, 2003. Manajemen Pemasaran. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
______________, 2004. Manajemen Pemasaran. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Basu Swastha dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. (Edisi kedua). Cetakan ke sebelas. Yogyakarta : Liberty Offset.
B.N Marbun.2003. Kamus Manajemen. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
Djarwanto, dan Subagyo, Pangestu, 2003, Statistik Induktif, Edisi 4, BPFE: Yogyakarta.
E.S. Quade, 2009.Consumer Behavior and Marketing Action, Fourth Edition, PWS Kent Publishing Company, Boston.
Erlina, Sri Mulyani. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis: Untuk Akuntansi dan
Manajemen. Medan: USU Pers.
Ghozali, Imam, 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS,Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
______________, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Gulö, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hadisantoso. 2010. Pengaruh Variabel Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan di PT Rukun Sejahtera Sentoso Surabaya. Universitas Narotama, Surabaya.
Kaplan Robert S. dan David P. Norton. Balanced Scorecard Menerapkan Strategi Menjadi aksi,Terjemahan: Pasla Yosi Peter R.Jakarta: Erlangga, 2002.
Kerlinger, F. N. 1986. Founding Of Behavior Research, Holt. Rinchart and Winston Inc. New York.
Kotler, P. dan Gary, A. 2002. Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. PT Indeks Kelompok Gramedia. Klaten.
Kotler, Philip. 2000. Marketing Management: Edisi Milenium, International Edition. Prentice Hall International, Inc, New Jersey
Kotler, P. 1992. Manajemen pemasaran, edisi kedelapan, salemba empat.
_______. 1994. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Jakarta: Erlangga.
_______. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Edisi ke-2, penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler, P dan G Amstrong. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid II. Jakarta: Erlangga.
_____________________. 2012. Dasar- dasar Pemasaran. Edisi IX. Alih Bahasa : Alexander Sundoro dan Tim Mark Plus. Jakarta : Indeks.
_______. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 12. Jilid I. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler, P dan Keller, K.L. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 12. Jakarta : Erlangga.
____________________. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1.Penerbit Erlangga : Jakarta.
____________________. 2012. Manajemen Pemasaran, Jilid Ke I, Jakarta: Erlangga.
Lemeshow, 1997. Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : UGM
Lovelock dan Wright, 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. Jilid I. Penerbit PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
Masogi, Muhammad Adzim. 2014. Analisis Strategi Bauran Pemasaran terhadap Peningkatan Omzet Penjualan Produk Telkomsel Pada PT. Ardan Masogi
Di Kabupaten Pinrang. Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Hasanuddin, Makassar.
Mc. Donald, S. Scott and Timothy W. Koch. 2009. Management Of Bank. SixthEdition. Thomson South Western. USA.
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nitisemito, Alex. S. 2008. Marketing. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Norton, Schiffman, 2006. Consumer Behavior: Take of Decision in Product Purchase. http://www.marketingbehavior.com.id.
Rangkuti, Freddy.2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama
Saladin, 2000. Pemasaran Jasa Produk. Penerbit Pustaka Jaya, Jakarta.
Santoso, Singgih. 2010. Buku Latihan Spss:Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Schellenberger,2009. Marketing. The United State of America McGraw Hill Inc
Sekaran, U. 2006. Metode Riset Bisnis. Salemba Empat. Jakarta.
Siswanto, Darmodjo, 2001. Pemasaran Produk dan Jasa. Kanisius, Yogyakarta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta
Sukardi, 2009. Metode Penelitian Tindakan kelas dan Pengembangannya. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Swastha, B dan H. Toni. 2002. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta.
Tambajong, Geraldy. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor di PT. Sarana Megah Kerta Manado. Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado.
Tjiptono, Fandi.2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset
Tjiptono, F. dan G. Candra. 2001. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta: ANDI.
_______. 2009. Strategi Pemasaran. Edisi kedua.Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.
Umar, Husein.2012. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
W. Gede Merta, 2004. Metode Penelitian. Fakultas Ekonomi Unwar.
Zain, Umar, 2000. Pemasaran Jasa dan Konsep Implementasi. Cetakan Pertama, Remaja Rosdakarya, Jakarta.
Published
2018-07-31
How to Cite
Saputra, A., Nurmala, R., & Cakrawala, A. (2018). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN 8P TERHADAP PENINGKATAN OMSET PENJUALAN PADA WARUNG MARSO MALANG. JURNAL EKSEKUTIF, 15(1), 19-41. Retrieved from http://jurnal.ibmt.ac.id/index.php/jeksekutif/article/view/166
Section
Articles