ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PUBLIK DI RUMAH SAKIT KHUSUS BERSALIN (RSKB) SAYANG IBU BALIKPAPAN

Main Article Content

Marlindawaty Marlindawaty

Abstract

This research aims to examine the effect of public health service quality on the performance of health services. To test the proposed hypothesis, a statistically quantitative descriptive approach is used which gives an explanation of the relationship between variables. Data collection through questionnaires, distributed to 50 patients. Data analysis used SPSS version 22.0. Result of F test, service quality (tangibels, reliability, responsiveness, competence, security and assurance) has significant simultan effect to health service performance. Partially, only reliability variable has a significant effect on the performance of health services in Maternity Special Hospital Sayang Ibu Balikpapan.

Article Details

How to Cite
MARLINDAWATY, Marlindawaty. ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PUBLIK DI RUMAH SAKIT KHUSUS BERSALIN (RSKB) SAYANG IBU BALIKPAPAN. JURNAL EKSEKUTIF, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 147-176, july 2018. ISSN 2579-5856. Available at: <http://jurnal.ibmt.ac.id/index.php/jeksekutif/article/view/173>. Date accessed: 15 oct. 2018.
Section
Articles

References

Ahmad, Badu. 2013. Manajemen Pelayanan Publik. Andi Offset. Makassar.
Alamsyah, Dedi. 2012. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Nuha Medika. Yogyakarta.
Andriani, Susi, Sunarto. 2009. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Magelang. Jurnal Kesehatan. Vol. 2, No. 1. Juni.
Azwar, Azrul. 2011. Pengantar Administrasi Kesehatan. Binarupa Aksara. Tangerang
Dwiyanto, Agus. 2008. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publilk. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Eny Kustiyah, Astuti. 2014. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Atas Pelayanan Rumah Sakit Umum Kabupaten Sragen. Gema. Vol. 26, No. 48 Th. XXVI/48/Februari-Juli.
Ersanto. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Sakit Umum Daerah Pemangat. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 1, No. 1.
Ghozali, Imam 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi ketujuh. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro. Semarang
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Mandar Maju. Bandung.
Jelita, Irma. 2012. Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Ambarawa. Journal of Public Policy and Management Review. Vol. 1, No. 2.
Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori Dan Praktek). PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Lukman, Mediya. 2013. Badan Layanan Umum. Bumi Aksara. Jakarta.
Napitupulu, Paimin. 2007. Pelayanan Publik dan Customer Satisfaction. PT. Alumni. Bandung.
Pohan, I.S. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar-dasar Pengertian Dan Penerapan. EGC.
Priyatno, Dwi. 2014. SPSS 22. Pengolah Data Terpraktis. CV Andi Offset. Yogyakarta.
Puspita, Ika. 2009. Hubungan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan dengan Citra Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Aceh Tamiang. Skripsi. FKM USU. Medan.
Riduwan. 2007. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Cetakan kelima. Alfabeta. Bandung.
Sinambela, Litjan Poltak, dkk.2014. Reformasi Pelayanan Publik. PT Bumi Aksara. Jakarta.
Siswanto, Victorianus Aries. 2012. Strategi dan Langkah-langkah Penelitian. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung.
________. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Alfabeta. Bandung.
________. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.
________. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Cetakan ke 3. Alfabeta. Bandung.
Sujarweni, Wiratna. 2014. SPSS untuk Penelitian. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.
Sujianto, Agus Eko, 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0, Penerbit PT. Prestasi Pustakaraya. Jakarta.
Suwardi. 2011. Persepsi Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyudono Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. Transformasi. Vol. 14.
Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Andi Yogyakarta. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy.2008. Strategi Pemasaran. Andi Offset. Yogyakarta.
Trimurthy, IGA. 2008. Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Pandanaran Kota Semarang. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Semarang.
Umar, Husein. 2010. Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan Paradigma Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
____________. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Edisi Kedua. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Defenisi Pelayanan Publik
Peraturan Menteri Kesehatan Tahun 1988 No. 159b/Men-Kes/II/1988 Bab II Pasal Tiga Tentang Rumah Sakit.
Undang-Undang No 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009. Tentang Pelayanan Publik. Jakarta.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.