ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN LAUNDRY BJR BATAKAN BALIKPAPAN

  • Rusmawati Rusmawati STIE Madani Balikpapan
  • Marlindawaty Marlindawaty STIE Madani Balikpapan
Keywords: Service Quality, Price, Promotion, Customer Satisfaction

Abstract

This research aims to determine and analyze the influence of service quality, price and promotion to customer satisfaction Laundry BJR Batakan, Balikpapan Sampling used nonprobability sampling technique with a total sample of 163 respondents. Analyze data with SPSS 22.0 program. Based on the results of multiple linear regression tests on the quality of services price and promotion simultaneously affect to customer satisfaction. Partial test, quality of service and price have no significant effect to customer satisfaction while empathy and promotion variables significantly influence to customer satisfaction. And the dominant variable affecting to customer satisfaction is promotion variable.

References

Aprianti, Della dan Sri. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Kounsumen Pada Rumah Makan Kampoeng Djowo Sekatul
Kabupaten Kendal. Dipenogoro. Journal Of Social and Politic Vol. 3, (4) : 1-9
Assauri, Sofian. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Rajawali Pers. Jakarta
Ghozali, Imam 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi ketujuh. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro. Semarang
Ghozali, Imam 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi ketujuh. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro. Semarang
Hasan, Ali. 2014. Marketing Edisi Baru. PT. Buku Kita. Jakarta.
Jakfar dan Kasmir. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi Revisi. Kencana. Jakarta.
Lestari, Anik A. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Word of Mouth Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengunjung Timezone Plaza Surabaya). Buletin Ekonomi Vol. 11, (1) : 1-86
Lisbeth dan Ribka. Pengaruh Strategi Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna BPJS di RSUD SAM Ratulangi Tomdano. Jurnal EMBA. Vol. 4. (2) : 121-132.
Lupiyoadi, Rambat.,dan A.Hamdani. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemaba Empat. Jakarta.
Norbaiyah 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada CV. Mentari Megah Perkasa Balikpapan. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Balikpapan.
Priyatno, Dwi. 2014. SPSS 22. Pengolah Data Terpraktis. CV Andi Offset. Yogyakarta.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Manajemen. Cetakan Ke- 4. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Sujarweni, V Wiratna. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.
Sujianto, Agus Eko, 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0, Penerbit PT. Prestasi Pustakaraya. Jakarta.
Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. CAPS (Center of Academic Publishing Service. Yogyakarta.
Sunyoto, Danang. 2015. Perilaku Konsumen dan Pemasaran. CAPS (Center of Academic Publishing Service. Yogyakarta.
Umar, Husein. 2010. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Umum. Jakarta
Umar, Husein, 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis :Edisi Kedua. Jakarta.
Published
2018-07-31
How to Cite
Rusmawati, R., & Marlindawaty, M. (2018). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN LAUNDRY BJR BATAKAN BALIKPAPAN. JURNAL EKSEKUTIF, 15(1), 216-243. Retrieved from http://jurnal.ibmt.ac.id/index.php/jeksekutif/article/view/176
Section
Articles