Analisis Pengaruh Kompetensi Pemasaran, Modal Usaha dan Etika Manajer Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Binaan Koperasi BMT Sumut

  • enny segarahati barus Mrs
Keywords: Marketing Competence, Business Capital, Manager Ethics, Performance of MSEs, BMT

Abstract

This study aims to find the Effect of Marketing Competence, Business Capital and Manager Ethics on the Performance of MSEs Guided by North Sumatra BMT Cooperative, data collection is done by collecting primary data, with a sample of 30 micro entrepreneurs as respondents who get financing from Madani Baitul Mal Wattamwil (BMT) North Sumatra. The questionnaire was created using a Likert scale, the analysis method used multiple linear regression analysis methods. The results showed that the marketing variables, business capital and manager ethics variables simultaneously influence the micro uaha performance variables with a significance value of 0,000, partially marketing variables and venture capital variables significantly influence the business performance variables, while the manager ethics variable has no effect significant.

References

Donald P. Addison II, 2017. Suatu Pendekatan Pemasaran Hubungan Kewirausahaan Untuk Penjualan B2B Kasus Untuk Pembagian Modal Intelektual ,Emerald Publishing Limited
Endang Purwanti, 2012, Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga Among Makarti, Vol.5 No.9,
Fahmi Medias, et.al. 2017. Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Baitul Maal Wa Tamwil di Kabupaten Magelang The 6th University Research Colloquium , Universitas Muhammadiyah Magelang, ISSN 2407-9189
Freddy Rangkuti (2001), Business Plan, Teknik Membuat an Bisnis & Analisis Kasus, PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Ghozali, Imam, 2001, Aplikasi Analisis multivariate dengan program SPSS, Edisi II, Penerbit Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
http://industri.bisnis.com/read/20180105/12/723657/kemenkop-ukm-kontribusi-koperasi terhadap-pdb-nasional-448-, diunduh 25 maret 2018
http://peluangusaha.kontan.co.id/news/ini-6-masalah-utama-ukm-sulit-tumbuh
https://www.bappenas.go.id/files/8014/8116/6753/Warta_KUMKM_2016_Vol_5_No_1.pdf, diunduh 24 Maret 2018
http://jagakarsa.ac.id/download, Jeffry H. Sinaulan, Peran Penting Etika Bisnis Bagi Perusahaan Perusahaan Indonesia, Jurnal Analisis Ekonomi Utama Volume X, Nomor 2, Mei 2016.
Hultman, Miles, Morgan, 2008. The Evaluation and Development of Entrepreneurial Marketing. Journl of Small Business management, Vol46, Issue 1, P99-112
J Bus Ethics (2015) How Islamic Business Ethics Impact Women Entrepreneurs: Insights from Four Arab Middle Eastern Countries, 129:859–877, DOI 10.1007/s10551-014-2138-3
Jaidan Jauhari 2010, Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E-Commerce, Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 2, NO. 1, April.
Khalidah et.al, (2014), Business Ethics, Oxford University Pers
Katherine Gundolf , 2009. Proximity and Micro-Enterprise Manager’s Ethics: A French Empirical Study of Responsible Business Attitudes Journal of Business Ethics 88:749–762
L Anggraeni, et.al., 2013. Akses UMKM Terhadap Pembiayaan Mikro Syariah dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Usaha : Kasus BMT Tadbiirul Ummah, Kabupaten Bogor, Jurnal al-Muzara’ah, Vol. I, No. 1.
Perry, Geof and Polsarum, Pussadee. 2002, The Determineants of Retail Small and Medium Enterprise (SME) Success in Thailand. International of Retailing. spring pp 12– 40
Pradhana, et al., 2016. Penguatan Modal Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Melalui Pembiayaan Di Bmt Mandiri Sejahtera Gresik, Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan Vol. 3 No. 4 April: 325-332;
Rujirutana Mandhachitara, 2017. Kinerja Bisnis Kecil di Thailand: Faktor-Faktor Kunci Keberhasilan, Emerald Publishing Limited.
Setyowati Subroto, et.al., Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Kabupaten Brebes, Prosiding SnaPP, 2016 Sosial, Ekonomi, dan Humaniora
Sri Nastiti Andharini, 2012, Pemasaran Kewirausahaan Dan Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Ekonomika-Bisnis Vol. 03 No.2 ,Juli, Hal 121-130
Stokes, D., 2007, Putting Entrepreneurship Into Marketing, Journal of Research in Marketing & Entrepreneurship: Vol. 2 No. 1: Spring 2000.
Sugiono, (2015), Analisis Penyediaan Dan Penggunaan Modal Kerja UMKM (Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah) Dalam Meningkatkan Laba Usaha Pada KUB (Kelompok Usaha Besama) Alam Lestari Depok, Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Whinarko Juliprijanto et.al, 2017. Diskripsi Dan Permasalahan Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), Studi Kasus UKM Di Desa Balesari, Kecamatan Windusari, jurnal Riset Ekonomi Pembangunan Volume 2 No.2 , April.
Published
2019-01-07
How to Cite
barus, enny. (2019). Analisis Pengaruh Kompetensi Pemasaran, Modal Usaha dan Etika Manajer Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Binaan Koperasi BMT Sumut. JURNAL EKSEKUTIF, 15(2), 442-455. Retrieved from http://jurnal.ibmt.ac.id/index.php/jeksekutif/article/view/186
Section
Articles