PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN INDIHOME PT . TELKOM INDONESIA (PERSERO) (STUDI PADA WITEL SURABAYA UTARA TELKOM KAPASAN)

  • Ady Andawana Universitas WR. Supratman Surabaya
  • Titok Waskito Adi
Keywords: Penetapan Harga, Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepuasan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh Penetapan Harga dan Kualitas Pelayanan secara parsial dan secara simultan terhadap Tingkat Kepuasan. Penelitian ini menggunakan pelanggan Indihome dari PT Telkom kapasan sebagai sampel. Terdapat sebanyak 60 pelanggan Indihome yang menjadi responden. Metode penelitian ini menggunakan probability sampling dan simple random sampling.   Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Penetapan Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap Tingkat Kepuasan. Hal ini dikarenakan nilai thitung dari masing-masing variabel tersebut lebih besar dari nilai ttabel (2,00247) dan nilai signifikansi dari variabel tersebut lebih kecil dari 0,05. Secara simultan variabel Penetapan Harga (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) secara signifikan berpengaruh terhadap Tingkat Kepuasan (Y). dikarenakan nilai Fhitung sebesar 141.725 dengan nilai Ftabel 3,16 sehingga nilai Fhitung  > Ftabel, dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel independen dalam penelitian ini secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen. dari hasil uji hipotesis nilai (X1) Penetapan Harga sebesar 11.423 sedangkan nilai (X2) Kualitas Pelayanan sebesar 2.227(X1). Dapat disimpulkan bahwa Penetapan Harga (X1) lebih dominan terhadap Tingkat Kepuasan (Y) dibandingkan Kualitas Pelayanan(X2).

 

Kata Kunci  : Penetapan Harga, Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepuasan.

References

Atmaja AK. 2011. Kepuasan Pelanggan ( Studi pada Tiket Garuda di PT Falah Fantastic Tour Travel Bogor ).
Cyberthreat.id. Digital 2020: Pengguna Internet Indonesia Dalam Angka. 20 Februari. Published online 2020.
Dylan Trotsek. (2017) Analisis Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt Asuransi Multi Artha Guna, Tbk Cabang Yogyakarta. J Chem Inf Model.
Mertayasa P, Giantari. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Komunikasi Word of Mouth. Bul Stud Ekon.
Muliasari I. 2017. Pengaruh Harga dan Proses Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kae Instamie (Survey Pada Konsumen Kafe Instamie Jl. Tamansari No 15 Bandung).
Pettarani LZ, Haming M, Ella H. (2019) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kantor Telkom IndiHome Makassar. Parad J Ilmu Ekon.
Phillip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran , Edisi 13 Jilid 2, Erlangga, Jakarta, 2009.
Purwanti; FN, Edwar M.(2015) Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Semarang; J iLMU Ris Manaj.
Putriandari AS. (2011) Loyalitas Pelanggan Pengguna Telkom Speedy Di Semarang.
Putro SW. (2014) Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. J Manaj Pemasar.
Rivai, Zainal, Veithzal dkk, 2014, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sari NP, Budiatno A. (2019) Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Indihome PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Persero) Semarang). Undip E-Journal.
Setiana Z. 2017. Analisis Perbandingan Penetapan Harga Penjualan Produk Meubel Antara CV.
Cipta Karya Dengan CV. Agung Jaya di Desa Kerso, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara.
Styaningsih DE. 2015. Pengaruh Penetapan Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Assalaam Hypermarket Kartasura.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-12-29
How to Cite
Andawana, A., & Adi, T. (2022). PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN INDIHOME PT . TELKOM INDONESIA (PERSERO) (STUDI PADA WITEL SURABAYA UTARA TELKOM KAPASAN). JURNAL EKSEKUTIF, 19(02), 183-194. Retrieved from http://jurnal.ibmt.ac.id/index.php/jeksekutif/article/view/316