PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, KUALITAS LAYANAN, DAN LOKASI USAHA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KAFE BnD SURABAYA

  • anis fitriyasari STIE IBMT
  • Elda Yulia Ryandini
  • Tomy Tomy
Keywords: Electronic Word of Mouth, Kualitas Layanan, Lokasi Usaha, dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dari Electronic Word of Mouth, Kualitas Layanan, Lokasi Usaha terhadap Keputusan Pembelian pelanggan kafe BnD Surabaya.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subyek dan obyek dalam penelitian ini adalah masyarakat Surabaya yang pernah melakukan pembelian di Kafe BnD Surabaya. Eksplorasi ini diterapkan di kota Surabaya dengan mengarahkan survey kepada 100 responden pelanggan Kafe BnD Surabaya. Hasil penelitian antara lain Variabel Electronic Word of Mouth (E-WOM) memiliki pengaruh yang positif namun berpengaruh tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian Kafe BnD Surabaya. Variabel Kualitas Layanan memiliki pengaruh yang positif dan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Kafe BnD Surabaya, dan Variabel Lokasi Usaha memiliki pengaruh yang positif namun berpengaruh tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian Kafe BnD Surabaya.

Kata Kunci : Electronic Word of Mouth, Kualitas Layanan, Lokasi Usaha, dan Keputusan Pembelian

References

Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran Edisi 3. 2008. Yogyakarta: Andi Offset.
Firdaus, T. dan Abdullah. 2017. E-WOM: Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Tamu Restoran di Bandung Utara.” Tourism and Hospitality Essentials Journal 7(1):21- 26.
Goyette, I. R. (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e- Service Context. Canadian Journal of Administrative Sience , 27.
Griffin, Jill, 2002. Customer Loyalty, Jakarta: Erlangga.
Griffin, Jill, 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Jakarta: Erlangga.
Gronroos, C. 1984. A service quality model and its marketing implications. European
Hamid, Rahmad Solling. 2019. Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis. Jakarta: PT Inkubator Penulis Indonesia.
Heizer, J dan Render. 2015. Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, edisi 11. Jakarta: Salemba Empat
Hurau, T. H., Gwinner, K. P., Walsh, G., dan Gremler, D. D. 2004. Electronic Word of Mouth Via Consumer-Opinion Platforms: What Motivates Consumers Articulate Themselves on The Internet. Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38-52.
Huyen, T. T., dan Costello, J. 2017. Quality versus Quantity: An Investigation into Electronic Word of Mouth’s Influence on Consumer Buying Intention. Journal of Promotional Communications, 5(2), 137–155.
Ibrahim, Malik dan Sitti Marijan, Thawil. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis UNIAT, 4(1):175-182.
Itasari, Andri Astuti. 2020. Pengaruh Word of Mouth, Electronic Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Ettisal Jurnal of communication 5(2):1-14. Journal of Marketing.
Kotler, P, Keller, K. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 3. Jakarta: PT. Erlangga. Kotler, P., & Armstrong, G. 2018. Principles of marketing. Pearson education.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran jasa, Edisi III. Jakarta: Salemba Empat.
Nurfina. 2016. Analisis Pengaruh E-Commerce Strategy, Service Performance Terhadap Loyalitas Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Journal Of Management. 2.(2).

Puspitaningtyas, Yulia Anggraini. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Electronic Word of Mouth (E-WOM), dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Ayam Panggang Bu Setu di Gandu Magetan. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia 2(4):1-15.
Rachmalika, B. R. A., Kumadji, S., dan Mawardi, M. K. 2015. Analisis Faktor- faktor Pembentuk Electronic Word of Mouth dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Hakata Ikkousha Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 25(1).
Rismunawati, Puput dan Rahma, N. Fitria, Arini. Pengaruh Word Of Mouth, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sego Sambel Cak Uut Malang. e – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Unisma.
Salma, Cagiva Putri. Dan Trisha, Gilang Sraswati. 2020. Pengaruh Store Atmosphere dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Chingu Korean Fan Café Bandung. Jurnal e- Proceeding of Management 7(2):1-8.
Sari, Y. D. (2013). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Industri Garment. E-Jurnal Manajemen Universitas Udaya 2(1):86-105.
Sholahuddin, M. 2021. Bisnis kafe serta F&B Terus Bertumbuh di Surabaya. Dikutip dari Surabaya Raya, Jawa Pos. https://www.jawapos.com/surabaya/12/10/2021/bisnis-kafe-serta-fb- terus-bertumbuh-di-surabaya/. (diakses 15 Mei 2022)
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaban, Amir. Novandriani, Nadya. 2018. The Impact of Electronic Word of Mouth (E-Wom) on Decision Making on Café Halaman. Jurnal e-Proceeding of Management 5(3):1-7.
Tjiptono, F. 2012. Strategi Pemasaran,Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2009. Service Marketing: Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Marknesis.
Wang, C., & Teo, T. S. H. 2020. Online service quality and perceived value in mobile government success: An empirical study of mobile police in China. International Journal of Information Management.
Wijaya, S., Widjaja, D. C., & Hariyanto, A. 2016. The Underlying Factors Affecting Consumers’ Behavioural Intensions in Foodservice Business in Surabaya, Indonesia, CRC Heritage, Culture and Society – Radzi et. al. (Eds), CRC Press: Taylor & Francis Group, London, 53-57.
Wisynu, Destyana, Dewi, Reni. 2018. The Effect of Electronic Word of Mouth (eWOM) on Willingness to Visit Agro- Tourism of Café Sawah Pujon Kidul. Jurnal Habitat 29(2): 65-75.
Published
2022-12-29
How to Cite
fitriyasari, anis, Ryandini, E., & Tomy, T. (2022). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, KUALITAS LAYANAN, DAN LOKASI USAHA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KAFE BnD SURABAYA. JURNAL EKSEKUTIF, 19(02), 223-234. Retrieved from http://jurnal.ibmt.ac.id/index.php/jeksekutif/article/view/320