PENGARUH E-COMMERCE DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GERAI AYAM GEPREK MERCON SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.60031/1qs84r64Keywords:
e-commerce, kepuasan konsumen, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini manggunakan data kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa apakah E-Commerce dan Kepuasan Konsumen berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian konsumen di Gerai Ayam Geprek Mercon Cabang Platuk Donomulyo Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Ayam Geprek Mercon Cabang Platuk Donomulyo Surabaya dengan sampel sebanyak 55 responden menggunakan teknik Purposive sampling Program Software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Uji t dan regresi menunjukkan variabel E-Commerce kurang berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan Pembelian Ayam Geprek Mercon Cabang Platuk Donomulyo Surabaya, yaitu nilai Sig. untuk pengaruh E-Commerce (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y) sebesar 0,232 > 0,05 maka dapat disimpulkan ditolak tidak terdapat pengaruh E-Commerce (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Dan nilai Sig. untuk pengaruh Kepuasan Konsumen (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) sebesar 0,366 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh Kepuasan Konsumen (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa E-Commerce dan Kepuasan Konsumen secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Gerai Ayam Geprek Mercon Cabang Platuk Donomulyo Surabaya