PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN INDIHOME PT . TELKOM INDONESIA (PERSERO)(STUDI PADA WITEL SURABAYA UTARA TELKOM KAPASAN)

Authors

  • Ady Andawana Universitas WR Supratman Author
  • Titok Waskito Adi Universitas WR. Supratman Author

DOI:

https://doi.org/10.60031/86np6j82

Keywords:

Penetapan Harga, Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepuasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh Penetapan Harga dan Kualitas Pelayanan secara parsial dan secara simultan terhadap Tingkat Kepuasan. Penelitian ini menggunakan pelanggan Indihome dari PT Telkom kapasan sebagai sampel. Terdapat sebanyak 60 pelanggan Indihome yang menjadi responden. Metode penelitian ini menggunakan probability sampling dan simple random sampling.   Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Penetapan Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap Tingkat Kepuasan. Hal ini dikarenakan nilai thitung dari masing-masing variabel tersebut lebih besar dari nilai ttabel (2,00247) dan nilai signifikansi dari variabel tersebut lebih kecil dari 0,05. Secara simultan variabel Penetapan Harga (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) secara signifikan berpengaruh terhadap Tingkat Kepuasan (Y). dikarenakan nilai Fhitung sebesar 141.725 dengan nilai Ftabel 3,16 sehingga nilai Fhitung  > Ftabel, dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel independen dalam penelitian ini secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen. dari hasil uji hipotesis nilai (X1) Penetapan Harga sebesar 11.423 sedangkan nilai (X2) Kualitas Pelayanan sebesar 2.227(X1). Dapat disimpulkan bahwa Penetapan Harga (X1) lebih dominan terhadap Tingkat Kepuasan (Y) dibandingkan Kualitas Pelayanan(X2).

Downloads

Published

28.08.2024

How to Cite

PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN INDIHOME PT . TELKOM INDONESIA (PERSERO)(STUDI PADA WITEL SURABAYA UTARA TELKOM KAPASAN). (2024). Eksekutif : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 19(2 Desember), 184-194. https://doi.org/10.60031/86np6j82