STRATEGI MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN DIPENGARUHI TERPAAN IKLAN, PEMBERIAN POTONGAN HARGA DAN CITRA MEREK PADA MARKETPLACE SHOPEE DALAM KONDISI PANDEMI COVID 19

  • Novianto Eko Nugroho STIESIA
Keywords: Iklan, Diskon Harga, Citra Merek, Loyalitas Konsumen

Abstract

Loyalitas merupakan kondisi emosional konsumen dalam bentuk sikap loyal seseorang pada suatu produk dalam bentuk barang maupun jasa tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi meningkatkan loyalitas konsumen dipengaruhi iklan, diskon harga dan citra merek Pada Martketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui tingkat hubungan loyalitas konsumen yang dipengaruhi oleh iklan, diskon harga dan citra merek. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan loyalitas konsumen yang dipengaruhi oleh gencarnya iklan yang didukung diskon harga mengakibatkan semakin baik citra merek.

Kata kunci :  Iklan, Diskon Harga, Citra Merek, Loyalitas Konsumen

References

[1] Aryatiningrum, S.W, AI Insyirah. 2020. Pengaruh Price Discount terhadap Loyalitas Konsumen pada Pengguna Online Marketplace, Jurnal Ilmu Manajemen, volume 8 nomor 3, hal 946-953.
[2] Djatnika, Tjetjep. 2007. Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[3] Ghristian, I. D. 2016. Citra Merek , Dan Iklan Terhadap Minat Beli Celana Jeans Levi ’s Di Surabaya. Journal of Business and Banking, 5(2), 319–336. https://doi.org/10.14414/jbb.v5i2.552
[4] Griffin, (2005), Customer Loyalty, Jakarta : Penerbit Erlangga
[5] Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga
[6] Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta: Erlangga
[7] Kotler, Philip.2003. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas, Jakarta: Indeks kelompok Gramedia.
[8] Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi. Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
[9] Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
[10] Laudon, Kenneth C, dan Laudon, Jane P. 2012. Management Information System; Managing The Digital Firm. Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. Edisi Sebelas, New Jersey : Pearson Education.Inc, Jakarta: Salemba Empat.
[11] Moriarty, Sandra, Nancy Mitchell, dan William Wells. 2011. Advertising Edisi 8. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
[12] Morisson. .2011.. Periklanan: Promosi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
[13] Nugroho, F.Y. 2011. Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.
[14] Putra, N. I., Pangestuti, E., & Devita, L. D. R. (2018). Pengaruh Diskon dan Pemberian Hadiah Terhadap Pembelian Impulsif Pada Fashion Retail Matahari Department Store di Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(4), 1–9.
[15] Pink, Bidara. 2020. “BPS catat penjualan online melonjak tajam selama pandemi corona”, https://nasional.kontan.co.id/news/bps-catat-penjualan-online-melonjak-tajam-selama-pandemi-corona, diakses pada 24 April 2021 pukul 09.20.
[16] Riyadi, Hermawan. 2019. “Apa itu Shopee? Keunggulan Apa Saja yang Dimiliki oleh Shopee?”, https://www.nesabamedia.com/apa-itu-shopee/, diakses pada 24 April 2021 pukul 09.25.
[17] Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
[18] Situmorang, Anggun. 2020. “BI: Penjualan E-commerce Naik 26 Persen Selama Pandemi Virus Corona”, https://www.merdeka.com/uang/bi-penjualan-e-commerce-naik-26-persen-selama-pandemi-virus-corona.html, diakses pada 24 April 2021 pukul 09.15.
[19] Timorria, Iim Fathimah. 2020 “Transaksi Shopee Naik 130 Persen, Raja E-Commerce Indonesia?”, https://ekonomi.bisnis.com/read/20200901/12/1285887/transaksi-shopee-naik-130-persen-raja-e-commerce-indonesia, diakses pada 24 April 2021 pukul 09.35
[20] Tjiptodjojo, Kartika Imasari. 2012 Odd Price : Harga, Psikologi dan Perilaku Konsumen dalam Purchase Decision Making. Jurnal Manajemen Vol. 11, Nomor 2
[21] Tjiptono, Fandy, 2007, Strategi Pemasaran.Edisi ke dua, penerbit Andi, Yogyakarta.
[22] Tjiptono, Fandy. 2011. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : ANDI.
Published
2021-07-09
How to Cite
Nugroho, N. (2021). STRATEGI MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN DIPENGARUHI TERPAAN IKLAN, PEMBERIAN POTONGAN HARGA DAN CITRA MEREK PADA MARKETPLACE SHOPEE DALAM KONDISI PANDEMI COVID 19. JURNAL EKSEKUTIF, 18(1). Retrieved from https://jurnal.ibmt.ac.id/index.php/jeksekutif/article/view/274