PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA BAHASA JAWA DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS III SD WIDYA ADI PUTERA SURABAYA

  • endah rahmawati Universitas WR Supratman
  • Fifi Kusumaningrum
Keywords: Unsur Cerita, Bahasa Jawa, Audiovisual

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran di kelas 3 SD Widya Adi Putera, sehingga respon dan hasil belajar siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Widya Adi Putera dengan jumlah siswa 20. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 70,95 meningkat pada siklus II menjadi 84,85. Persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 60% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 60% dan meningkat pada siklus II menjadi 90%. Respon siswa terhadap penggunaan media audio visual dapat menemukan pengetahuan sendiri dan membangun kepercayaan diri dalam tata cara berbicara menggunakan basa jawa.

Kata Kunci : Unsur Cerita, Bahasa Jawa, Audiovisual

Published
2021-07-09
How to Cite
rahmawati, endah, & Kusumaningrum, F. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA BAHASA JAWA DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS III SD WIDYA ADI PUTERA SURABAYA. JURNAL EKSEKUTIF, 18(1). Retrieved from https://jurnal.ibmt.ac.id/index.php/jeksekutif/article/view/277