ANALISA PENGARUH KINERJA RELATIONSHIP MANAGER TERHADAP KEUNTUNGAN BANK PADA BANK CIMB NIAGA

  • Mira Gayatri Kartika Universitas WR Supratman Surabaya
  • Ony Kurniawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari kinerja relationship manager dan dikaitkan dengan keuntungan bank CIMB NIAGA di Surabaya. Ada tiga variabel bebas yang digunakan sebagai prediktor keuntungan bank yaitu kinerja relationship manager berdasarkan target klien (X1), target nilai (X2) dan loyalitas nasabah. Data yang digunakan adalah data dari tahun 2006-2014. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik parametrik yang meliputi analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. Hasil pengujian terhadap hipotesis dan analisis terhadap fungsi regresi disimpulkan bahwa baik target klien (X1), target nilai (X2) dan loyalitas nasabah (X3) terbukti mempunyai pengaruh signifikan terhadap profitabilitas bank CIMB Niaga Surabaya. Hasil uji F hitung di dapatkan nilai F sebesar 14,179 dengan probabilitas menerima H0 sebesar 0,007 dengan demikian H0 ditolak. Ketepatan model prediktor secara simultan ini dijelaskan dengan kekuatan hubungan model sebesar 0,946 dan koefisien determinasi sebesar 0,895. Signifikansi pengaruh target klien (X1) terhadap profitabilitas ditunjukkan dengan uji t hitung sebesar 2,952 dengan signifikansi mencapai 0,032, target nilai (X2) dengan t hitung sebesar 2,793 dan signifikansi 0,038 dan pada variabel Loyalitas Nasabah (X3) dengan t hitung 6,248 dengan signifikansi mencapai 0,002. Keseluruhan hasil tersebut telah menunjukkan nilai signifikansi dibawah 5% sehingga hipotesis H0 yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa tiga variabel prediktor yang diteliti telah memberikan bukti kuat signfikansi pengaruhnya terahdap profitabilitas Bank CIMB Niaga Surabaya.

 

Kata kunci: CRM, Target Klien, Target Nilai, Loyalitas Nasabah, Profitabilitas

References

Anton, J. & Petouhoff, N.L., (2005), Customer Relationship Management : The Bottom Line to Optimizing your ROI.: Prentice Hall.
Caesar, (2009), Sekilas Customer Management Relationship. Jakarta: Harvarindo.
CIMB, (2014), CIMB Niaga. [Online]. Available at: https://www.cimbniaga.com/index.php?ch=consloan&lang=BI [accessed 01 January 2014]
Dewi, G.A.P.R.K., Yasa, N.N.K. & Sukaatmadja, P.G., (2014), "Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah PT. BPR Hoki di Kabupaten Tabanan". E-Journal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 3(5), p. 257-275.
Dyche, J., (2004), The Customer Relationship Management Book Handbook. USA: Addison: Wesley, Inc.
Gordon, I., (2002), "Best practices: Customer Relationship Management". Ivey Business Journal.
Jurnalasia, (2014), CIMB Niaga Pangkas Bunga Kredit Kendaraan. [Online]. Available at: http://www.jurnalasia.com/2014/12/16/cimb-niaga-pangkas-bunga-kredit-kendaraan/ [accessed 01 January 2015]
Kasmir, (2011), Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Kotler, P. & Amstrong, G., (2008), Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Eralngga.
Kotler, P. & Keller, L.K., (2006), Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., (2007), Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Lukas, A.P., (2001), "Customer and Patner Relationship Mamanegement", In Telematic Research Group.
Peelen, E., (2005), Customer Relationship Management. England: Prentice Hall.
Raharjo, V.N., (2011), "Analisis Kinerja Keuangan Bank Sebelum Merger dan Sesudah Merger : Studi kasus pada bank Niaga dan bank Lippo yang Merger menjadi bank CIMB Niaga". e-journal UAJY.
Sartono, A., (2012), Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.
Suharini, M., (2008), "Kinerja nasabah terhadap penerapan sistem layanan produk dan jasa e-banking". Bisnis dan Birokrasi: Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 15(3), p. 168-177.
Tjiptono, F., (2007), Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Tunggal, A.W., (2008), Dasar-dasar Customer Management Relationship. Jakarta: Harvindo.
Widyastuti, R.S. & Armanto, B., (2013), "Kompetisi Industri Perbankan Indonesia". Buletin Ekonomi dan Perbankan, 1(2), p. 417-441.
Zahara, Z., (2011), "Penerapan relationship marketing dalam membangun hubungan kemitraan antara nasabah dan bank syari'ah". Jurnal Aplikasi Manajemen, 9(2), p. 627-630.
Published
2021-12-28
How to Cite
Kartika, M., & Kurniawati, O. (2021). ANALISA PENGARUH KINERJA RELATIONSHIP MANAGER TERHADAP KEUNTUNGAN BANK PADA BANK CIMB NIAGA. JURNAL EKSEKUTIF, 18(2), 111-126. Retrieved from https://jurnal.ibmt.ac.id/index.php/jeksekutif/article/view/287