KINERJA KARYAWAN HOTEL DI SURABAYA SAAT COVID-19

  • Hafidulloh " STIE YAPAN
  • Agus Budhi Santosa
  • Hepiyanto '

Abstract

Human resources are the most important asset for the company, therefore companies need to optimize employee performance. In the COVID-19 pandemic, the hotel industry has had a huge impact, knowing the influence of motivation and emotional intelligence on employee performance. This study uses a quantitative approach and uses multiple linear regression analysis method, where the population in this study is 150 employees of a hotel in Surabaya. The results in this study indicate that emotional intelligence has a positive effect, work motivation has a positive and insignificant effect on employee performance and is significant on employee performance, motivation and emotional intelligence have a positive and significant effect on employee performance.

Keywords: Emotional Intelligence, Motivation, Employee Performance

References

Ainnisya, R. N., & Susilowati, I. H. (2018). Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada Hotel Cipta Mampang Jakarta Selatan. Widya Cipta-Jurnal Sekretari dan Manajemen.
Aprilyanti, S. (2017). Pengaruh usia dan masa kerja terhadap produktivitas kerja (Studi kasus: PT. Oasis Water International Cabang Palembang). Jurnal Sistem dan Manajemen Industri, 1(2), 68-72.
Arif, M. (2018). Analisis Rekrutmen dan Penempatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Oase. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 42-63.
Ariono, I. (2017). Analisa Pengaruh Tingkat Pendidikan, Masa Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Perangkat Desa Di Kecamatan Kaliwiro Wonosobo. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 4(3), 254-267.
Cooper dan Sawaf, 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta.
Edison, Emron; Anwar, Yohny; Komariyah, Imas. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. (Cetakan ke-3). Bandung. Alfabeta
Eka Lufitasari, E., Mochklas, M., & Soelistya, D. 2020. Employee Performance PT. Millenium Pharmacon International Tbk: Quality Of Human Resources And Information Systems Of Millenium Pharmacon International (SIMPI). International Journal of Economics, Business, and Accounting Research (IJEBAR).
Fiernaningsih, N. (2017). Pengaruh kepribadian terhadap kinerja karyawan di hotel elresas lamongan. Adbis: Jurnal Administrasi dan Bisnis, 11(2), 221-230.
Hasibuan, M. S., & Hasibuan, H. M. S. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta :Bumi Aksara.
Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner menggunakan SPSS. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.
Jayusman, H., Khotimah, S., & Supiansyah, S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Avilla Pangkalan Bun. Magenta, 6(1), 29-33.
Juliandi, A., Manurung, S., & Satriawan, B. (2018). Mengolah data penelitian bisnis dengan SPSS. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.
Karen, A., Tewal, B., & Mac Donald, B. W. (2021). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, Dan Pengembangan Karir Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Hotel Sintesa Peninsula Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(1).
Krisnanda, P.H. & Surya, I. B. K. 2019. Effect of emotional and Spiritual intelligence on transformational leadership and impact on employee performance. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences. Vol. 6 no. 3, hlm. 70-82.
Lisdiani, V., & Ngatno, N. (2017). Pengaruh Pengembangan Karir terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Hotel Grasia Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(4), 105-112.
Muhammad, Z. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompensasi, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Mukmin Mandiri Surabaya. SAUJANA: Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah, 2(02), 53-68.
Mukaroh, E. N., & Nani, D. A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan. Revenue: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(1), 27-46.
Murpin Josua Sembiring, Didin Fatihudin, Mochamad Mochklas & Iis Holisin. 2020. Banking Employee Performance During Pandemic Covid-19: Remuneration And Motivation. Journal of Xi'an University of Architecture & Technology, 12(7), 64-71
Nangoy, F. M., Lengkong, V. P., & Dotulong, L. O. (2020). Profesionalitas Tenaga Kerja Hotel Four Points Manado di Masa Pandemi COVID-19: Studi Fenomonelogi Secara Online. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(4).
Neni, T., & Fahmi., S. 2017. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Politeknik LP3I Medan.
Novita, D., & Mochklas, M. 2021. Performance of Private Universities Lecturers During Covid-19 Pandemic: Webinars And Online Training . Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry (TOJQI), 12(9): 3005-3017
Phonny Aditiawan Mulyana, P.A., Mockhlas, M,, Maretasari, R., & Prasetyo, M.D. 2021. OCB Dan QWL Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sumber Nusantara Aditya Pratama. Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis. 1(1), 116-125
Prawira, I. G. A. G. Y., & Suwandana, I. G. M. (2019). Peran Kepuasan Kerja Memediasi Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Housekeeping Department Fave Hotel. E-Jurnal Manajemen, 8(8), 5060-5089.
Priyono. (2007). Pengantar Manajemen. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Robbins., S. 2003. Organizational Behaviour. Second Edition. New Jersey: Prentice-Hall International
Safaranita, N. E. 2018. Kinerja Pegawai Berdasarkan Kesetaraan Gender Di Kantor Kecamatan Batu Sopang Kabupaten Paser. PpeJournal Pemerintahan Integratif. ISSN: 2337-8670. hlm. 95-104.
Saifuddin Azwar, Metode Penelitian Psikologi, Edisi 2, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
Samsuni, S. (2017). Manajemen sumber daya manusia. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(1), 113-124.
Sari, F. P., & Aziz, N. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Yang Dimediasi Oleh Motivasi Kerja Karyawan Rocky Plaza Hotel Padang.
Setiana, R. A., (2019). Sumber Daya Manusia. Tasikmalaya : Tasikmalaya Publisher.
Setyawati, E. (2017). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Pada M–One Hotel & Entertainment. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, 1(1).
Sopiah dan Sangadji, M, E. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Yogyakarta : Andi Publisher.
Sudaryo, Yoyo; Aribowo, Agus; Sofiati, A. N. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Yogyakarta: Andi Publisher.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supardi, S., Ratnasari, S. L., & Nasrul, H. W. (2020, December). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan D’Merlion Hotel Batam. In Prosiding Seminar Nasional Universitas Islam Syekh Yusuf (Vol. 1, No. 1, pp. 363-369).
Supriyanto, H & Mukzam. M.D. 2018. Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan LPP Radio Republik Indonesia Stasiun Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 58, no.1, hlm. 141-146.
Titi, A., & Zunaidah. 2010. Pengaruh Karakteristik Biografis dan Kemampuan Kerja Individual Dosen Terhadap Kinerja Dosen di Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. ISSN:2085-1375.
Tufa, N. (2018). Pentingnya Pengembangan SDM. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(2).
Wibowo, T.S. & M. Mochklas. 2020. Urgency Of Organizational Citizenship Behavior Towards Performance Of Nurses Of Type-C Hospitals In Surabaya. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(2):4534- 4538
Widena, K. S., & Sunuharyo, B. S. (2018). Pengaruh Kompensasi Karyawan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Dengan Dimediasi Variabel Motivasi Kerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Hotel Sahid Montana Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 61(1), 201-207.
Winata, E. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Inna Dharma Deli Medan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 4(1).
Published
2021-12-31
How to Cite
", H., Santosa, A., & ’, H. (2021). KINERJA KARYAWAN HOTEL DI SURABAYA SAAT COVID-19. JURNAL EKSEKUTIF, 18(2), 207-231. Retrieved from https://jurnal.ibmt.ac.id/index.php/jeksekutif/article/view/293