PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN PELANGGAN GRAB DI KOTA SURABAYA

  • Is Fadillah STIE IBMT Surabaya
Keywords: Kualitas pelayanan, keputusan pembelian, kepuasan pelanggan, layanan Grab

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap
keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan pada layanan Grab di Kota Surabaya.
Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner kepada
100 responden yang bersedia meluangkan waktunya dengan menggunakan metode
purposive sampling untuk mengetahui tanggapan dari responden terhadap variabel
kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan pada layanan
Grab. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti merupakan data yang
menggunakan analisis kuantitatif yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis
regresi linier sederhana, uji t (uji parsial), uji f (uji simultan) dan pengujian ini dibantu
menggunakan program komputer SPSS versi 24. Hasil signifikan terhadap keputusan
pembelian dan kepuasan pelanggan.
Kata kunci : Kualitas pelayanan, keputusan pembelian, kepuasan pelanggan, layanan
Grab

References

Kotler, Philip, dan Gerry Armstrong, 2014: Principle Of Marketing, 15th edition.
New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. UpperSaddle
River, NJ Pearson Education Limited
Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. “Statistika Untuk Penelitian”. Bandung : Alfabeta. Sugiyono. 2015.
Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung:
Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung :IKAPI
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV
Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi. Widiawati, Ana.
2021. “Macam Teknik analisis Data yang Wajib Dipahami”,
https://penerbitbukudeepublish.com/teknik-analisis-data/, (diakses pada
4 Agustus 2022)
Published
2022-12-30
How to Cite
Fadillah, I. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN PELANGGAN GRAB DI KOTA SURABAYA. JURNAL EKSEKUTIF, 19(02), 249-261. https://doi.org/10.60031/jeksekutif.v19i02.341